Tips Menjaga Kesehatan Otak Anda

Selasa, 05 Mei 2009

Otak adalah anggota tubuh yang sangat berguna bagi kehidupan manusia. Mahluk hidup tidak akan bisa hidup di muka bumi seperti sekarang ini seandainya tidak memiliki otak. Manusia hidup di bumi sangat tergantung dengan yang namanya fungsi otak. Untuk itulah, sebagai manusia, kita harus menjaga otak kita agar selalu sehat.

Beberapa hal kecil yang sering kita sepelekan, justru berbahaya bagi otak kita. Hal kecil yang terbilang berbahaya bagi otak adalah pertama, tidak mau sarapan pagi. Banyak orang menyepelekan sarapan, padahal tidak mengkonsumsi makanan di pagi hari menyebabkan turunnya kadar gula dalam darah. Hal ini berakibat pada kurangnya masukan nutrisi pada otak kita yang akhirnya berakhir pada kemunduran otak.

Hal kedua adalah terlalu banyak makan. Terlalu banyak makan ternyata mengeraskan pembuluh otak yang menuntun kita pada menurunnya kekuatan mental. Selanjutnya adalah merokok. Merokok ternyata berakibat sangat mengerikan pada otak kita. Bayangkan, otak kita bisa menyusut dan akhirnya kehilangan fungsi-fungsinya. Tak ayal di waktu tua kita rawan Alzheimer.

Hal yang keempat yaitu terlalu banyak mengkonsumsi gula. Terlalu banyak asupan gula akan menghalangi penyerapan protein dan gizi, sehingga tubuh kekurangan nutrisi dan perkembangan otak terganggu. Yang kelima yaitu polusi udara. Karena, otak adalah bagian tubuh yang paling banyak menyerap udara. Terlalu lama berada di lingkungan dengan udara berpolusi membuat kerja otak tidak efisien.

Hal yang keenam adalah kurang tidur. Tidur memberikan kesempatan otak untuk beristirahat. Sering melalaikan tidur membuat sel-sel otak justru mati kelelahan. Selain itu, menutup kepala ketika sedang tidur juga tidak bagus bagi otak. Tidur dengan kepala yang ditutupi merupakan kebiasaan buruk yang sangat berbahaya karena karbondioksida yang diproduksi selama tidur terkonsentrasi sehingga otak tercemar. Jangan heran kalau lama kelamaan otak akan menjadi rusak.

Selanjutnya adalah berpikir terlalu keras ketika sedang sakit. Bekerja keras atau belajar ketika kondisi tubuh sedang tidak fit juga memperparah ketidakefektifan otak. Hal kesembilan adalah kurangnya stimulasi otak. Berpikir adalah cara yang terbaik untuk melatih kerja otak. Kurang berpikir justru membuat otak kita menyusut dan akhirnya tidak berfungsi maksimal. Yang terakhir adalah jarang bicara. Kenapa? Karena percakapan intelektual biasanya akan membawa efek bagus pada kerja otak.

So, sepertinya anda harus lebih sering mengajak otak anda bergerak dan berpikir, agar senantiasa sehat tentunya.

Sumber: http://lakersx6.wordpress.com/

1 comment

Cepi Ali Anwari mengatakan...

Artikelnya menarik gan.. Perkenalkan saya admin di http://www.kiatkiat.com , blog sejenis dengan blog agan yakni membahas tentang tips kesehatan. Salam kenal

14 Mei 2015 pukul 07.41

Posting Komentar